ILMU IKHLAS

Pesan kearifan bisa didapat dari mana saja. Well, you know, hari ini diawali dengan silaturahmi dan ngobrol-ngobrol cantik sama temenku yang udah lama nggak ketemu, padahal jarak sih cuma 10 menit perjalanan. Kalo udah kelamaan nggak ngobrol jadinya seru yah, kebanyakan yang mau ditanyain dan mau diceritain, antara gak selese-selese pengen nanya dan gak selese-selese pengen cerita🙂 Dari lama aku kagum sama temenku ini, usahanya banyak, semua dia kerjain dari rumah sambil ngurus anak-anak. Entah kenapa tiba-tiba jadi keinget sama usaha rumahanku sendiri yang dulu pernah aku jalanin, jualan clodi. Sekarang udah nggak kepegang yah ibu-ibu, tapi Alhamdulillah sudah kasih pembelajaran bagus banget selama ini. Secara resmi bisnis clodi saya bangkrut dengan sukses ahahahahaha. Setiap keuntungan nggak aku rekap sendiri, tapi langsung aku abisin aja buat nutup biaya RT sehari-hari. Idih nggak canggih emang aku nih ngatur keuangannya. Banyak suka dukanya selama jualan Ananndapers. Duka paling senepnya adalah…satu toko yang aku supply akhirnya tutup dan uang yang seharusnya aku terima nggak dikasih-kasih, sang pemilik ilang aja gitu. Uhuhuhuhu padahallll jumlahnya gede. Mau ditagih terus atau didatengin rumahnya juga gimana, kami beda kota. Entah kenapa akhirnya keputusanku pada waktu itu adalah ikhlas, lepas seikhlasnya. Beruntung banget toko yang lain  (Annisa Duri) Alhamdulillah lancarnya luar biasa, sama yang punya juga kita jadi sahabatan, semuanya serba profesional sampai akhirnya aku sendiri yang memutuskan untuk nggak lanjut jualan lagi karena pingin fokus sebagai doula dan childbirth educator. Sisa stok yang ada di rumah kayaknya bakal dipakai Yusuf semua ahahahahaha, atau aku donasiin. Sukanya adalah, aku terlatih bikin proposal, ngomong sama orang, negosiasi, review produk, dan mengedukasi ibu-ibu untuk pakai popok kain. Dari ikhlas dan pemaafan yang aku curahkan sepenuhnya ke orang yang nggak bayar hakku itu, aku dapet balesan dari Allah berupa nikmat yang berpuluh-puluh kali lipetnya. Setelah ‘ketipu’ waktu itu, aku malah sekalian donasiin stok berpuluh-puluh ananndapersku ke Bumi Sehat, ini ilmu rugi yang mendatangkan untung di kemudian hari hehehehe. Dan benar saja, tiba-tiba aku dikasih jalan buat nikmatin homebirth waterbirth, jadi praktisi hypnobirthing, jadi doula, dan didaulat untuk ikut nulis artikel di situs Gentle Birth Indonesia. Semua cita-citaku satu-persatu mulai terwujud! Masih suka nggak nyangka sebenernya, WOW God…you are fast! Hukum ilmu ikhlas itu ternyata mutlak buatku.  Saat aku harus kehilangan sekian rupiah, aku tetap merasa berkelimpahan, mental orang kaya (meski sebenernya tekor), yakin suatu saat Allah akan menggantikan kehilanganku dengan yang lain. Begitupun anda, ilmu ikhlas sangat mudah diterapkan. Kalo ada yang bohongin, jelek-jelekin, remehin, nyakitin, khianatin, fitnahin, nyopetin, dan lain-lain, ikhlas aja…marah boleh, sebel boleh, nyumpahin di awal boleh….tapi lalu ikuti dengan ikhlas dan pemaafan. Anda tak akan menyangka apa akibatnya, segala kemungkinan manis akan menabrak bertubi-tubi di masa depan. Coba deh. ALLAH WILL ALWAYS REFILL YOUR BANK ACCOUNT AND YOUR HAPPY TANK, if you start practising ikhlas, forgiveness and letting go from now..

Mimpi saya belum selesai, saya pingin jadi penulis beneran, menulis yang baik-baik, menulis yang mendidik. Saya pengen nembusin prosedur Gentle Birth secara pelan-pelan di RS tempat saya tinggal. Dan saya pengen semua wanita yang ada di sekeliling saya bener-bener bahagia, menyembuh dan hidup simpel tanpa prasangka, tanpa nuansa pekat persaingan ala ibu-ibu wkwkwkwkwk klasik beuuudd. Kalo mau itu kejadian, saya harus lebih banyak terapin ilmu ikhlas dari sekarang.  So kalau anda lihat seseorang bisa menggapai cita-citanya dengan cepat dan mudah, jangan keburu sirik dulu…siapa tahu dia sudah banyak terapin ilmu ikhlas dan pemaafan di hidupnya🙂

2 thoughts on “ILMU IKHLAS

  1. Subhanallah mbk hanita. Saya setuju sekali. Pun kalo kita gak dapat balasan keikhlasan di dunia. Pasti di akhirat.

Leave a Reply

