Makanan Sehat Untuk Anak Anda

Karena Yusuf sebentar lagi mulai makan, pingin deh posting sesuatu tentang MP ASI. Tapi yang ini beda, posting ini sengaja saya copas dari bukunya ibu Robin yang berjudul ‘Anak Alami’. Buku ini merupakan buku pegangan wajib saya banget, it’s my holy book in parenting hehe. Di buku ini, menu MP ASI yang dibahas sangat-sangat melawan mainstream banget, gak biasa. Biasanya tuh kita doyan banget kan apa-apa berkiblat ke barat, ngasih bahan-bahan makanan yang impor dari luar negeri, udah mahal, nyebutin namanya pun susah pula! Nah di sini tuh sangaaat membumi, mengembalikan kesadaran bahwa Indonesia sudah gudangnya makanan alami dan sehat, gampang didapat. Panduan di buku ini cocok untuk semua kalangan, dari mulai petani sampai pengusaha, sehingga kita tersadar bahwa pola asuh yang baik bisa dilakukan oleh semua masyarakat, strata apapun dia. Wajib banget punya buku ini. Bagi yang belum punya bisa download gratis di http://www.gentlebirthindonesia.com yaa. Buat yang belom sempet baca, berikut saya kutip isinya, dari halaman 8-10, semoga berguna.

Setelah ASI eksklusif tercapai, lanjutkan menyusui selama 2 hingga 4 tahun lebih sambil menambahkan makanan pelengkap.

Sebaiknya bayi diperkenalkan makanan baru satu persatu, karena dengan cara ini anda bisa tahu apakah makanan tertentu cocok dengan anak anda atau tidak. Makanan tersebut cukup yang sederhana saja. Bayi dan anak-anak kecil tidak perlu tambahan garam pada makanan mereka. Mereka akan lebih sehat jika tidak diberi gula ataupun makanan yang cenderung manis. Gula merah atau madu (setelah usia 12 bulan) adalah pemanis bernutrisi yang lebih alami untuk keluarga anda ketimbang gula putih. Pilihlah makanan alami, yang tidak terproses. MSG seperti vetsin, masako dan sejenisnya bisa bersifat racun dan seharusnya tidak digunakan untuk memasak untuk siapapun karena bisa menyebabkan kanker!

Bayi menikmati rasa makanan yang alami sebagaimana diciptakan Tuhan. Jika memungkinkan, pilihlah nasi merah, buah-buahan dan sayuran organik untuk keluarga anda. Makanan bayi instan dalam kemasan siap saji tidaklah sealami dan bergizi seperti bahan-bahan yang disebutkan di atas, karena makanan bayi instan sering mengandung garam, gula, atau zat-zat tambahan lainnya.

Jus dalam kemasan sering diproduksi dengan gula tambahan. Begitu pula bila anda membeli produk dengan tulisan ‘jus apel murni’, ini tetap terlalu manis buat bayi anda, dan bisa menyebabkan karies gigi. Jika anda ingin memberi bayi jus botolan, pilihlah yang sugar free, dan larutkan dengan separuh air putih. Memberikan bayi teh manis tidaklah baik karena teh mengandung kafein yang akan mengganggu tidur bayi dan membuatnya tidak tenang. Jus yang anda buat di rumah dari apel asli, lobak merah, wortel, pepaya, semangka, dan sebagainya malah justru sangat bergizi. Ini bisa diperkenalkan pada bayi sedikit demi sedikit.

MAKANAN PERTAMA YANG SEHAT UNTUK BAYI 6 BULAN:

    bubur pisang (pisang yang dihaluskan dengan garpu)
    bubur wortel rebus
    bubur ubi jalar rebus atau panggang (dalam oven)
    bubur apel yang telah dikupas dan dikukus
    kuning telur rebus

Di atas 7 bulan, anda bisa menambahkan:

    air dan daging kelapa muda
    bubur alpukat (anda bisa memberikannya dengan dicampur bubur pisang)
    bubur pepaya matang
    bubur labu kuning rebus
    bubur beras merah
    bubur ayam tanpa penyedap rasa

Di atas usia 10 bulan anda bisa menambahkan:

    bubur salak rebus
    bubur ketan hitam
    yoghurt, keifer plain
    sup ikan (haluskan, hati-hati dengan tulangnya)
    sup daging ayam, sapi atau kambing dengan sayuran
    ayam atau kalkun (potongan-potongan utuh yang lembut)
    pepaya, pisang, mangga matang (potongan-potongan utuh yang lembut)

Di atas usia 12 bulan, ajari bayi anda untuk mengunyah dengan baik, dan tambahkan:

    telur utuh (direbus lunak atau keras)
    jus jeruk, melon, anggur tanpa biji, kismis, apel kupas
    gandum, roti gandum, biskuit sehat
    kacang mete
    jagung rebus
    semua sayuran (potongan-potongan utuh yang lunak)
    madu
    nasi beras merah atau cokelat

Ingat, pada usia 6 bulan bayi belum punya gigi atau gigi mereka masih jarang. Anda perlu melunakkan makanan agar mereka tidak tersedak. Pertimbangkan pula bahwa makanan-makanan itu harus mudah dicerna. Anda bisa mengunyahkan makanan bayi sebelumnya. Enzim dari mulut anda akan membantu bayi mencerna makanan tersebut lebih mudah. Sehingga bayi anda tidak akan sakit perut karena gangguan pencernaan. Hingga usia 9-12 bulan bayi sebaiknya makan 3 sampai 5 kali sehari ditambah dengan kudapan yang sehat.

Anak-anak memiliki metabolisme yang cepat dan perlu makan setiap 2 jam. Setelah usia 6 bulan anda bisa menambahkan vitamin bayi pada makanan sehari-hari bayi anda untuk memastikan mereka menerima asupan nutrisi penting yang cukup. Bidan atau dokter bisa merekomendasikan vitamin cair yang sesuai.

ALERGI MAKANAN
Bayi pertama saya alergi terhadap pepaya. Saya menyadarinya waktu kedua kali saya memberikan pepaya, seperti saat pertama…kulitnya langsung bintik-bintik kemerahan dan gatal. Inilah sebabnya anda perlu memperkenalkan makanan baru satu persatu. Saya tidak memberikan dia pepaya lagi selama bertahun-tahun. Akhirnya sekarang ia telah dewasa dan sudah tidak alergi pepaya lagi.

Anak kedua saya alergi susu sapi dan semua makanan olahannya. Hal ini saya ketahui saat ia berusia 2 tahun. Dia akan gatal-gatal dan bahkan susah bernafas jika meminumnya. Untung saat bayi saya memberikan ASI eksklusif untuknya, kalau diberikan susu formula, pastilah sangat membahayakan dia.

Semua anak-anak saya yang lain tidak punya alergi sama sekali. Jika pada kulit bayi mulai timbul bintik merah atau dia mulai tersengal-sengal, diare, atau susah buang air besar setelah mencoba makanan baru, jangan lanjutkan berikan makanan tersebut. Bila kondisi anak tetap dirasa mengkhawatirkan setelah beberapa lama, hubungi dokter anak anda.

Begitulah tadi petuah-petuah ibu Robin dalam memberikan MP ASI anak. Gak sabar pingin nerapin ke Yusuf. Ada yang aneh-aneh kaya contohnya salak rebus! Hehe belom pernah denger kan? tapi asli semuanya gampang banget didapet, well tau sendiri lah ya…Duri kan bukan tempat yang gampang dapet aneka buah-buahan segar. Tapi bukan berarti juga saya dengan gampangnya menjadikan hal tersebut dalih untuk memberikan bubur instan. Huhuhu soalnya dulu Baim termasuk yang sering saya kasih bubur instan, buat campuran gasol. Dulu tuh mikirnya segala sesuatu yang di lidah gue gak enak, pasti di bayi gue gak enak juga. Padahal kan karena lidah gue aja nih yang udah usang taste bud nya, keseringan kena yang manis-manis dan ber-MSG. Jadilah begitu baca kalimat bu Robin yang ‘bayi menyukai rasa makanan yang alami sebagaimana diciptakan Tuhan’ rasanya langsung jleb jleb jleb. Lidah bayi tuh murni, dikasih yang hambar dan sehat juga dia doyan. Kite aje nih yang udah banyak dosa, ga ketolong lagi hihihihi. Semoga bisa yah jadi salah satu penganut strict MP ASI rumahan, kan saya nih emak pemalas…. Semangaaaaaat! -( ‘ ▽ ‘ )/ \( ‘ ▽ ‘ )-

@HanitaNitnut and @Maszuni Posted with WordPress for BlackBerry.

One thought on “Makanan Sehat Untuk Anak Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s