Apa Kabar Yusuf?

Maulana Yusuf Ghifari

Maulana Yusuf Ghifari

Update apa ya di usia Yusuf yang 4 bulan ini? Hmm….sempet bingung puting (dan widapun pasti gubrak). Lho, bagaimana bisa yang full time menyusui langsung dari payudara ibunya bisa bingung puting? Yup, begini ceritanya. Sebulan yang lalu Yusuf batuk pilek entah ketularan siapa. Yusuf memang tidak saya eman-eman layaknya Baim dulu waktu masih bayi. Kemana saja saya pergi, Yusuf ikut. Ke parenting class, ke liqo (pengajian), ke comissary, ke warung, dan entah berapa banyak orang yang saya paparkan pada Yusuf setiap harinya. Ada anak-anak yang lagi batuk berdahak, ada ibu-ibu yang baru sembuh pilek, yang habis demam, semuanya lah… Saya pede aja gak cemas berlebihan. Dan pas beneran Yusuf kena batuk pilek, ya sudah terima aja, kan sudah terjadi. Cuaca lagi pancaroba pula, gak ada matahari. Selama seminggu Yusuf aku HT, bikin nebulizer alami pake uap air mendidih ditetesin minyak kayu putih🙂 Pas matahari akhirnya nongol, langsung aku jemur seperti yang selalu dinasehatkan @drtiwi ke semua bayi dan balita. Baim ikutan dijemur, saya sendiri juga ikutan. Langsung segerrr semuanya🙂 Matahari adalah satu-satunya benda planet terbesar yang bisa langsung kita serap manfaatnya padahal jaraknya dengan kita 150 juta km jauhnya. Subhanalloh.

Nah semasa Yusuf pilek, diapun mogok menyusu, hiks….mungkin gak nyaman ya nenen pada kondisi hidung sedang mampet. Dia mengatasi ketidaknyamanannya dengan menghisap jari. Kebiasaan menghisap jari memang sudah dilakukannya sejak 2 bulan. Selain memang sedang fase oral, bisa jadi itu sebuah manifestasi pelarian dari seringnya saya ninggalin dia kalo Baim lagi manja minta deket sama Bunbun. Duh serba salah yak, Yusufnya neglected, akhirnya sering isap jari, akirnya agak malas menyusu. Lucu kan ya? Biasanya bingung puting tuh karena saingan sama dot, lha ini karena ngisep jari sendiri. Huhuhu, emang tiap anak tuh pasti ada momen sulitnya. Bukan berarti dengan lahir secara gentle tahu-tahu Yusuf langsung bisa mulus-mulus aja all the time dalam posisi duduk meditasi *halah (⌣_⌣”). Setiap anak dan bayi adalah unik dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kendala dan cobaanku bersama Yusuf barangkali pas Yusuf pilek ini, malas menyusu, akhirnya dengan tabah aku sugestikan bahwa Yusuf akan menyusu dengan sendiri pada saat dia udah laper banget. Dan bener, pas cape, ngantuk, dia akhirnya mau menyusu dengan lahap sampai kenyang. Fiuhhh lega deh. Sekitar 5 hari rutin jemur-nenen-diuapin, akhirnya sembuhpuuun sodara-sodara, a.l.a.m.i. Malah habis itu kami langsung cabut ke Pekanbaru dan selama ngemall/nguliner di sana gak ada masalah ԅ(ˆ⌣ˆԅ)

Terus bingung putingnya gimana Nut? Sekarang sih terus membaik yah, sudah minta nenen sendiri murni karena lapar. Pas lagi galau kemarin bener-bener ditelen sendiri aja gak berani konsul ke @widanada, segen dan takut diinvestigasi lebih mendalam (wida kalo soal laktasi galak tau, serem *lo ga usah baca posting ini deh wid). Dari jumlah air seni dan kenaikan berat badan juga gak ada masalah, semua menunjukkan bahwa Yusuf cukup makan. Kami gak akan menyerah untuk mencapai ASI eksklusif, ayo Cup 2 bulan lagi lulus AsiEks, semangat!!

Untuk milestone lain kayaknya sama aja kaya Baim dulu, cuma Yusuf memang mendahului semua timing Baim kurang lebih setengah bulan. Intinya, sekarang nih pakaikan baju aja sudah susah karena Yusufnya udah bolak balik badan melulu. Untuk anak kedua yang lahir lumayan rapat, Bunbun udah gak sempet flashing-flashingan Glenn Doman lagi. Pingin sih sebenernya, apa mau dikata hidupku sekarang cuma muter sekitaran rumah-pasar-rumah lagi-warung-baim-yusuf-diri sendiri🙂 Nggak bisa perfeksionis amat, kalo lagi inget untuk stimulasi ya dijalanin, kalo lagi capek ya sudah. Luangin waktu buat gue sendiri juga dong ah…ntar selp hilingnya kapan?

Beginilah ibu-ibu, kita lagi bertarung di golden period anak, yaa gitu deh ribet-ribet bahagia. Kalau saya lagi masa sulit, semisal Yusuf lagi pingin nenen dan Baim lagi teriak-teriak posesif, ya bingung emang, panik stres pingin garuk-garuk sprei. Tapi saya buru-buru inget, Yusuf sudah memilih untuk lahir dari rahim saya, di tempat dan waktu yang tepat. Sejak awal benih Yusuf jadi di perut ini, semesta sudah menyiapkan saya untuk bisa menghadapi hal-hal kayak gini. So nikmati yaa, saya sudah banyak belajar dari kalian teman-teman setiaku, ada yang pinter masak, ada yang ngurus 2 anak sendiri nggak pake pembantu, ada yang sempet namatin tafsir Ibnu Katsir, ada yang sambil praktek, duh buanyak deh….I’m the big fan of you…YES ALL OF YOU!

Akhir kata, makasih usah mau sempetin liat saya akirnya aktif meracau kembali… Kiss(ˇεˇ) from me, Baim, and Yusuf. With love…

@HanitaNitnut and @Maszuni Posted with WordPress for BlackBerry.

2 thoughts on “Apa Kabar Yusuf?

    • Gak galak wid, cuman nanyanya detil segambreng hehe. Noh mana katanya mau ralat. Bukan bingung puting ternyata bloggers…yusuf cuma masuk kategori ‘menolak menyusu’ karena sakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s