MASIH SETIA BERPOPOK KAIN

diaper laundry for a day

diaper laundry for a day

Masih setia berpopok kain untuk anak kedua. Enak sekali karena punya kakaknya hampir semua masih layak pakai, belanja clodi baru jadi nggak bikin dompet kurus banget🙂 Belanja clodi baru paling hanya tipe untuk size newborn (prefold, cover, snappi, dan Charlie Banana one size 0pocket). Ternyata emang bener, newborn itu cocok banget sama prefold (bisa tetra, alas ompol garis2, atau keluaran merk ternama) yang dikaitkan dengan snappi, terus ditutup petite cover….cara ini disebut juga sistem all in two. Kesampean deh nyobain pakai prefold dan snappi, karena dulu jaman Baim belum ada yang jual, semua seller jualnya tipe pockeeeet terus. Dagangan ananndapersku pun waktu Yusuf masih NB belum ada yang kepake. Naah baru minggu-minggu ini aja sudah bisa dikasih ekstra serap batik S, okee, gak bocor. Karena saya nggak fanatik2 amat menyuarakan go green dan cloth diapering, jadi di rumah tetap selalu ada dispo diaper sedikit, jaga-jaga kalau pergi lama dan jauh, atau kalau hujannya lagi sering. Tapi sejauh ini amaaan nggak ada kejadian kehabisan popok, karena stok lumayan banyak dari segala merk, impor maupun lokal, assorted banget seperti di foto jemuran saya di atas.. Selama pakai clodi, cucian mbak di rumah jadi sedikit, karena clodi tuh (apalagi yang impor USA) tahan lama banget melebihi pampers, asli gak boong. Kejadian berulang-ulang Yusuf selalu bablas tidur dengan clodi masih dari mandi sore tadi, baru saya ganti jam 3 pagi, kulitnya masih kering tanpa iritasi. Oh iya, selama 2 bulan ini setiap pagi saya mencuci sendiri clodi-clodi Yusuf pakai Cycles yang free dari enzim-pemutih-pewangi-residu-dsb, ternyata worthed lho…ngebilasnya gak perlu lama banget berulang-ulang kaya kalo pakai Rinso, residu gak ada yang tertinggal, makin enaklah itu dipakai baby. Hemat waktu, hemat uang juga, karena satu wadah liquid detergent yang gede banget itu bisa dipakai 2 bulan…dan kalau pake Cycle, udah nggak perlu stripping lagi.

Nah kakaknya, si Baim di usianya yang 2 tahun 4 bulan kalau siang masih asik ber-ekstra serap batik-ria. Kalau mau tidur baru terpaksa dipakein disposable (daripada eyang-eyangnya ngomel keompolan). Potty training nya Baim baru sebatas pup aja, tiap mules pingin pup dia akan bilang ‘e*g di kloset! E*g di kloset!’ Baru deh kita buru2 ke kamar mandi pasang potty extension, terus dia akan pup sambil menghitung pup yang jatoh hiiiihi ‘plung….one eeg,plung….two eeg, plung…..three eeg’, lucuuuuu. Sambil dia pup, kita disuruh nungguin nongkrong sambil bengong, ngedeprok di kursi dingklik, terus dia dongengin kita ‘Jadi ya…ada airplane, terus helikopter, terus fire engine, semuanyaaa besar sekali….gituuu!’ Wealah lee… (-_-”)

Tapi kalo untuk soal pipis, masih nggak dhong nih anakku, feelingku sih karena menurut dia pipis itu sensasinya nggak njijik’i kaya pup, dia hanya merasa basah, tapi nggak risih. Jadilah saya belum sanggup kalau untuk pakein dia CD dan celana pendek saja. Tetep pakainya ES batik yang multifungsi sebagai diaper dan training pants. Kalau lagi rajin ya saya tatur ke kamar mandi tiap jam, kalo gak sempat ya nunggu popok basah deh baru dia minta ganti.

Nikmat lah pokoknya berpopok kain. Buat yang belum nyoba, sekali coba pasti ketagihan. Buat yang gak bisa berclodi karena working mom juga gak perlu merasa terintimidasi, sayapun mungkin bisa begini karena full di rumah. Buat working mom yang tetep bisa full clodi (dan banyak lho), TOOOPPPP banget dah kalian. Kita punya peran masing-masing kok dalam menjaga alam ini, yang bisa full…maturnuwun banget, yang separo-separo ya monggo, yang full dispo terus, semoga sampahnya bisa diimbangi dengan ibu-ibu lainnya yang berclodi. Sekian dan terimakasih….

@HanitaNitnut and @Maszuni Posted with WordPress for BlackBerry.

2 thoughts on “MASIH SETIA BERPOPOK KAIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s