Just Another Gentle Birth Preparation

Rejeki nggak kemana. Belum genap sebulan pulang dari Jakarta, si ayah udah dapet training lagi ke Bandung🙂 seperti biasa kita pasti heboh pingin ikut. Liburan Bandung gitu looh…ujung-ujungnya pasti : makan, distro, pamer twitpic banyak-banyak, pamer foursquare banyak-banyak hihihi so humanly. Eh tapi…kok jadi mikir lagi, seminggu itu daripada cuma buang-buang duit di Bandung, kenapa tidak dipakai buat persiapan #gentlebirth lagi saja? Siapa tahu ada pelatihan atau agenda yang pas jadwalnya. So aktiflah aku menyusun jadwal, tanya sana sini dan mendaftar untuk ikut SELF HEALING MODUL 1 : SEHAT SELARAS. Maaf ya ayah…berangkat ke Bandung sendiri, kita di rumah eyang aja ya, bawain oleh-oleh aja ya🙂

Pelatihan modul 1 sebenernya sudah lama ingin saya ikuti, jauh sebelum menikah maupun punya anak. Bahkan saat hamil kedua pun saya merasa lebih butuh modul ini secara urgen daripada TAT. Ini terlebih karena:

  • Saya punya rhinitis alergi lumayan parah : hidung gatal, mampet, meler, bersin-bersin marathon hingga belasan kali terutama di pagi hari
  • Punya tekanan darah rendah, gampang pusing dan migrain, ringkih kalo kena cuaca panas
  • Mudah capek dan drop bila bepergian jauh, i’m a traveling haters…my hubby hates me for that
  • Ditambah lagi kalau hamil menginjak trimester 2 menuju 3, bisa kebayang keluhan fisiknya akan tambah berat lagi : nyeri sendi, sakit pinggang, dullness, kram, dsb.

Nah karena keluhan di atas tadi, sudah lama saya punya ketergantungan khusus sama yang namanya suplemen, entah itu vitamin, nutrisi tambahan, madu, kalsium, herbal, rumput laut. Apapun yang diklaim bisa meningkatkan daya tahan, juallah ke saya, saya pasti membelinya. Dari MLM satu ke MLM yang lain, semua pernah saya coba sejak jaman kuliahan. Lama-lama kok jengah juga ya harus bergantung sama faktor luar, sedangkan saya yakin tubuh kita ini pasti punya daya sembuhnya sendiri. Benarkah di self healing modul 1 saya menemukan jawabannya? Stick your eyes on this page…

Self healing mengajarkan bagaimana kita hidup dan bergaya hidup SEHAT SELARAS, ya baik itu sama tubuh sendiri maupun sama alam semesta. Praktik-praktik di dalamnya merupakan kombinasi praktis dari metode chinese-tibetan healing yang dikemas khusus buat ‘orang kota’ yang sibuk, kena macet, polusi, stres pekerjaan, dan no time for caring themselves. Chinese-Tibetan healing itu ya seperti yang sudah kita tau sebelumnya, nggak jauh dari titik meridien, akupresur, olah nafas, sentuhan, pijatan. Tapi tidak sekedar praktik akupresur saja, kita harus tahu dulu filosofi kesehatan secara keseluruhan. Jadi setelah 3 jam itu kita pulang dengan membawa pulang ilmu segudang.

BERMANFAATKAH UNTUK PENYEMBUHAN?

Orang yang skeptis pasti akan bertanya bagaimana kok teknik-teknik yang ada di self healing modul 1 bisa menyembuhkan penyakit? Dimana-mana kalau flu ya minum obat, masuk angin ya minum jamu. Apakah menekan satu titik atau memijat satu bagian tubuh akan punya pengaruh?

Dengan teknik modul 1 sebenarnya kita menyentuh inti sejati dasar kerja tubuh. Kita memang nggak bermain dengan si virus atau si hidung meler yang harus segera dituntaskan lendirnya. Kita bermain lebih dalam dari itu. Tubuh diingatkan kembali untuk bisa memenuhi 4 syarat terjadinya hidup selaras : nafas, gerak, sentuhan, dan hening. Dengan praktik secara teratur (yang kurang lebih hanya memakan waktu 10-15 menit saja) kita akan menjadi lebih sehat dan imun tanpa bantuan vitamin apa-apa. Oh ya…teman wajib dari praktik self healing adalah air putih ya. Bukan teh, bukan jamu,  hanya air putih🙂

Sang istri dari pengajar self healing sendiri diam-diam ternyata juga promo lho di salah satu thread forum ibu-ibu TUM tentang vitamin, kira-kira dia bilang begini : “bukan mau jualan yaa, tapi suami saya punya pelatihan khusus untuk gimana mendapatkan vitamin dan imunitas harian, secara alami yang diproduksi tubuh sendiri, saya sekarang nggak pakai suplemen apa-apa lagi lho” Hihihi dan makin mupeng lah diriku membacanya.

APA YANG SAYA RASAKAN SETELAH MENCOBANYA?

Teknik yang terkesan praktis dan sepele itu ternyata beneran berasa manfaatnya lho. Hya memang, saya baru seminggu melakukannya, masih ada PR wajib 3 minggu lagi untuk terus praktik tanpa putus/bolong-bolong. Rasanya tuh nyaman di badan, alergi nggak semerta-merta hilang sih, tapi mulai terlihat bedanya. Pas perjalanan pulang kemarin, saya juga nggak tepar-tepar amat, padahal selalu mangku baim dan ladenin aktifnya dia. Setelah sampai Duri baru deh keluar gejala flu, tapi rasanya lebih ringan dari biasanya. Yang paling penting sebenarnya, saya merasa jadi punya kesempatan untuk bisa lebih sayang sama diri sendiri, dengan meluangkan waktu 15 menit setiap hari untuk menyembuh…sebelum akhirnya keluar kamar dan kembali melayani anak dan suami yang heboh-heboh hihihi.

APA MANFAAT ATAU HUBUNGANNYA DENGAN PERSIAPAN GENTLE BIRTH?

Untuk mewujudkan cita-cita gentle birth itu dibutuhkan bekal yang matang dan gak main-main, persiapan baik fisik, mental, dan finansial. Mau dimanapun nanti melahirkannya, dan bagaimanapun caranya, kesiapan fisik dan mental mutlak perlu. Kalau kemarin lewat metode TAT saya bermain di kesiapan mental (penyembuhan trauma kelahiran dan trauma-trauma batin lainnya), di modul 1 ini saya bermain di wilayah fisik (pemeliharaan kesehatan saya dan keselarasan tubuh janin). Dan ya itu tadi, keluhan-keluhan ibu hamil tua yang sendinya udah pletat pletot kemana-mana dan tidurnya udah nggak jelas gimana posisinya itu pasti akan lumayan tertolong dengan bantuan self healing. Mantaps kan?

Eh, di pelatihan ini ternyat saya dapat bonus dari si bapak pengajar yang baik hati nih, berupa panduan Tai Chi for pregnancy, olahraga low impact ‘lembut’ yang bagus buat ibu hamil. Rejeki lagiii…

Semoga saya bisa mempraktekkan apa yang sudah saya pelajari ini dengan komitmen dan kesungguhan. Bagi yang berminat, silahkan mengikuti pelatihan ini, apapun tujuan kesehatan anda. Ingat bahwa pelatihan ini hanya untuk menyembuhkan diri sendiri, dan sebaiknya tidak disalahgunakan untuk diajarkan sembarangan ke orang lain karena sangat riskan akan kesalahan.

One thought on “Just Another Gentle Birth Preparation

Leave a Reply

