Our 4 Months 3 Weeks Old

Umum
Si kecil Baim kian kuat & berkembang pesat secara fisik dan mental. Perjalanan via udara pertamanya telah terlewati dengan mulus tiga minggu lalu. Kini setelah berkumpul bersama extended family-nya di Jakarta, Baim mulai menampakkan beberapa karakter uniknya. Ia bayi yang ceria, sangat aktif, banyak mengoceh, dan senang dibawa pergi, apresiasi cintanya begitu besar diungkapkan lewat senyuman, tawa, belaian dan sentuhannya kepada kami. Di sisi lain, kami juga menghadapi beberapa tantangan baru sehubungan dengan gerakannya yang sangat aktif dan tak mau diam, kekuatan tubuhnya membuat acara mandi dan mengganti popok menjadi sesuatu yang sangat baru. Dia seperti menjelma jadi laki-laki sejati, keinginannya harus cepat terpenuhi atau dia akan menggeram dan menggerutu yang bila dibiarkan akan berlanjut menjadi tangisan. Dia tak sabaran, penasaran terhadap objek, mengutak-atik, kemudian ngomel sendiri….just like his father. ASI telah menunjukkan fungsinya dengan luar biasa.

Tidur
Saat ini tidur bukanlah masalah bagi Baim. Usaha kami untuk mengenalkan perbedaan siang dan malam sejak ia lahir nampaknya berhasil, selain itu kami selalu co-sleep alias tidur bersamanya. Ia tak pernah terbangun di malam hari, terutama semenjak ia dan bundanya mulai terampil menyusui di tempat tidur dengan posisi menyamping berhadap-hadapan. Saat ia mulai tampak resah, menoleh kiri dan kanan mencari puting ibunya sambil tetap terlelap; bunda langsung tahu secara instingtif dan segera menyusuinya tanpa benar-benar terbangun. Sekitar pukul 02.00 pagi, bunda otomatis selalu terbangun untuk pindah posisi agar Baim dekat ke sisi payudara yang lain. Pernah juga Baim terbangun hingga melek selebar-lebarnya pukul OO.OO; namun kami tak sekalipun mengajaknya bermain, kamar dijaga segelap-gelapnya dan sehening-heningnya, dan iapun hanya butuh beberapa saat untuk terlelap kembali.

Makan
Masih satu setengah bulan lagi untuk mengenalkan menu padat pertamanya, tapi Baim sudah menunjukkan (dengan jelas) kecenderungan untuk ‘mencaplok’ makanan apa saja yang ada dihadapannya. Hasrat luar bisa untuk mencicipi aneka makanan seringkali menjadi pemicu kemarahannya. Bagaimana lagi? Bunda benar-benar ingin memberinya ASI eksklusif 6 bulan, tak peduli berapa banyak teman-teman sebayanya yang kini telah mengecap pisang dan biskuit bayi. Sabar ya Nak…demi kecerdasanmu nanti.

Bepergian
Hal ini tak pernah jadi masalah. Di awal kelahirannya, insting melindungi yang terlalu besar dari si Bunda membuat Baim tidak pernah keluar rumah hingga masa selapan (40 hari) berakhir. Setelah itu, kami tiba-tiba berubah menjadi doyan jalan. Terimakasih pada Ayah yang mengimbangi over protective-nya Bunda dengan ketegaannya menempa Baim untuk menjadi laki-laki kuat. Dialah yang berperan mendidik Baim untuk duduk betah dan tertidur di carseat sejak umur sebulan. Terimakasih juga untuk teman-teman chevron yang semangat ‘mengompori’ untuk sering-sering membawa bayi pergi supaya kuat. Berbekal stroller yang easy folded, carseat, dan baby carrier yang nyaman, kamipun pergi keluar rumah merambah kota Pekanbaru dan Duri, nyaris di setiap akhir minggu. Mulai dari mall sampai warung seafood pinggir jalan, mulai dari buka bersama di Widuri Club yang nyaman ber-AC sampai panas-panasan di warung tongseng Pak Kliwon. Meski saat pulang Ayah Bundanya pasti langsung tepar, bayi kami tetap ‘tune in’ seakan tak punya lelah.

Nah, memasuki usia 4 bulan, seiring dengan mematangnya sistem saraf pusat, Baim mulai sadar akan perjalanan waktu, dia mulai bisa merasa bosan, meski perut tidak lapar dan mata tidak mengantuk. Perjalanan ke Ambasador kemarin membuktikannya, dua setengah jam mengitari mall telah membuat Baim berkata ‘cukup, aku mau pulang Bunbun…’ Kenyamanan moby wrap tak bisa membuatnya bertahan lebih lama lagi. Kami langsung pulang, bayi kami yang pintar sudah tahu bagaimana rasa lelah.

Proses Erupsi Gigi Susu
Belakangan ini dia mulai senang sekali menggigiti apapun, Bunda curiga ini awal dari erupsi giginya yang berlangsung intermiten dan kemudian akan berhenti beberapa lama. Begitu butuhnya ia menggaruk gusi, hingga acara membersihkan mulut dan lidah dengan kain kassa menjadi momen favoritnya. Semoga saja gejala tumbuh gigi anak kami akan menjadi skala yang paling ringan tanpa mengganggu tidur malamnya.

Handbooks
Kamus pegangan Bunda kemana-mana saat ini sebagai penolong disaat penting adalah :
– Baby Book (William & Martha Sears)
– Baby Care (dr. Frances Williams)
– How to Teach Your Baby Talk (Benny C)
– Ketika Bayi Anda Menangis (Barbara Nash)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s