Gentle Birth Untuk Semua

Inilah grup favoritku di facebook. Dibentuk oleh Dyah Pratitasari, editor sebuah majalah kesehatan, ibu dua anak, penulis buku dan pemerhati s̶a̶y̶u̶r̶ ̶m̶a̶y̶u̶r̶ kesehatan hihi peace ya mba. Usia kandunganku 8 bulan waktu mbak Prita mulai meng-add member satu persatu, dan kini membernya sudah ribuan! Subhanalloh, semua pakar Gentle Birth tumplek blek ada di sini, ada Dyah Pratitasari herself, bidan Yesie Aprilia, Dynamic duo couple Reza Gunawan Dee Lestari, dynamic duo ibu-anak hypnobirthing hypnobreastfeeding Lanny Kuswandi Fonda Kuswandi, dan dynamoc duo bidan ibu-anak Tantri dan Tantri Maharani Setyorini, obgyn pro normal dr.Harijasa Sanjaya SpOG, pakar spiritual Bapak Sony, the great teacher Ibu Robin Lim dan semua klien-klien waterbirth nya. Ruameeee, asiiik. Semua member diperlakukan sama, semua adalah guru bagi yang lain, semua boleh sharing apa saja asal sesuai peraturan dasar dan tidak OOT. Banyak pelajaran di dapat dari kisah-kisah seru persalinan para member yang masing-masing unik dan indah. Saat saya sudah lewat due date dan ‘semedi’; semua di grup selalu support dan percaya bahwa saya bisa, positif banget pokoknya. Cerita sukses gentle birth bermentalan dari satu member ke member lainnya seperti bouncy ball, habis menclok ke satu, menclok juga ke yang lain. Virus itu seperti bergentayangan kemana-mana, di rumah, di RS, di klinik bersalin, dia merayap dan merasuki para pelakunya, para ibu yang berjuang. Yang tadinya waterbirth/home birth/lotus birth itu langka, kini jadi biasa. Ada juga yang sukses melakukan gentle birth di Rumah Sakit biasa. Alhamdulillah…energi grup ini besar sekali efeknya buat orang-orang yang ada di dalamnya. Very contagious.

Di grup ini saya jadi tahu kisah seorang bidan survivor cancer yang sukses melahirkan dengan GC (istilah yang saya buat sendiri, Gently Cesarian), padahal dulunya dia divonis tidak akan bisa hamil dan melahirkan dengan selamat.

Ada seorang ibu yang sukses melahirkan dengan lembut, disaat dia sedang menderita demam tinggi. Subhanalloh anaknya sehat, dan ibunya juga bisa pulang setelah beberapa hari dirawat.

Ada yang meluapkan kegembiraannya untuk melahirkan di Bumi Sehat, jauh-jauh dibelain dari Papua, karena sang janin telah dinanti selama 8 tahun. Sekarang sedang menunggu kelahiran dengan lembut (hello mbak Tjandra, may Allah SWT bless you with an easy breezy labor at Bumi Sehat).

Ada yang melahirkan dengan selamat setelah pecah ketuban selama 4 hari 3 malam, hello mbak Diyan dan Seth Krishna…you are amazing.

Ada yang bisa nekat tiba-tiba minta dokternya menunda pengekleman tali pusat, hanya dengan spontan bilang ‘Jangan dipotong dulu dok!!! Kerjain yang laen!!!’ (Maap ya mbak kalo kata-kata yang kugunakan ternyata salah, kurang lebih begitu kan ya?) Hebaaat bunda Hermai, terbukti bahwa kebawelan dan kegalakan yang disengaja ternyata mampu membuat siapapun takluk :)

Dan keajaiban-keajaiban member lain yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Bahagia rasanya, mereka semua saya anggap keluarga. Semoga member-member baru makin banyak, dan makin tertular untuk positive thinking. Mohon maaf ya kalau mungkin beberapa bulan ini saya akan jarang-jarang nongol di wall. Sudah kembali ke hutan, tidak ada mama, dan total sibuk-sibuk bahagia mengurus keluarga. Tapi spirit saya akan selalu ada untuk GBUS. Love u all.

@HanitaNitnut and @Maszuni Posted with WordPress for BlackBerry.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,026 other followers

%d bloggers like this: